Tips Menjaga Kesehatan Rambut Hijabers

Jangan juga menjadikan berhijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut Anda. Rambut Anda justru memerlukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi yang berbeda sama sekali di bawah jilbab Anda. Berikut ini telah kami ulas beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut Anda yang menggunakan Hijab. Simak ulasan berikut ini!


Gunakan Shampo Khusus

Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia.

Kami tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan Shampo Conditioner setiap hari. Sebaiknya gunakan berselang hari.

Sisir Rambut Anda

Sikat rambut Anda dua kali sehari, bukan cuma untuk mencegah kusut dan menjaga rambut Anda lepek, juga sekaligus membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala Anda. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok. Langkah ini terlihat sepele namun sangat penting karena Anda biasanya menata rambut Anda dalam ikat kuda atau sanggulan, dan ini sering meremas rambut.

Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat itu erat saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Hindari mengikat rambut Anda dan memakai jilbab saat rambut Anda masih basah.

Pemilihan Bahan Hijab Yang Sesuai Dengan Cuacah

Saat cuaca panas, gunakan jilbab berkain tipis dan adem. Di hari-hari yang dingin, tak jadi masalah apa pilihan jilbab Anda tapi ingat untuk menghindari memakai jilbab hitam selama hari-hari panas karena hitam bersifat menyerap panas. Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Contohnya :
  • Katun
  • Kain Sintetis
  • Kain Nylon
  • Kain Polyester
Hal ini dilakukan demi menjaga sirkulasi jalur keluar masuk udara untuk kulit kepala.

Tips
Mengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

Komentar

Postingan Populer